Cara Mudah Merawat Mobil Matic Anda

Cara merawat mobil matic sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara merawat mobil manual pada umumnya, namun ada sebagian orang beranggapan bahwa mobil matic itu sulit dalam perawatan, hal ini di dasari karena di beberapa daerah tertentu jarang ada bengkel yang khusus untuk mobil matic. Meskipun begitu kalau kita mau datang ke bengkel resmi pasti semua kendala akan teratasi.

Mobil matic saat ini banyak menjadi incaran masyarakat, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, di mana lalu lintas di perkotaan cenderung padat dan kerap terjadi kemacetan. Mobil matic menjadi pilihan karena dengan mobil matic mampu mengurangi rasa letih karena tidak perlu menginjak pedal kopling berulang-ulang apabila terjadi kemacetan. Bagi pemirsa yang memiliki mobil matic sedangkan belum tahu untuk melakukan perawatan mobil matic, kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui bagaimana caranya merawat mobil matic agar mobil dapat awet dan mampu tahan lama.

mobil matic


Cara merawat mobil matic


Jika dilakukan dengan benar biaya untuk perawatan mobil matic jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual, setiap 2 tahun sekali set persneling kopling rata-rata sudah harus diganti namun berbeda dengan mobil matic yang bisa diganti lebih 5 tahun tergantung dari pemakaian.

Bersihkan saringan udara (filter)

Komponen yang satu ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga performa mobil, jaga kebersihannya jangan sampai ada debu atau partikel kecil lainnya yang menutupi saringan udara. baca cara membersihkan saringan udara.

Lakukan perawatan.

Namun tidak sedikit pula orang yang terlena dengan perkataan iklan mobil yang mengiming-imingkan bahwa mobil matic tersebut “bebas perawatan serta berumur seumur hidup” di sinilah terkadang letak kesalahan seseorang yang memiliki mobil matic enggan melakukan perawatan ke bengkel mobil. Karna setiap benda yang kita pakai itu memiliki usia dan harus juga kita ketahui jangka waktu perawatannya.

Perawatan yang paling mendasar dan jarang sekali diperhatikan bagi pengguna matic adalah mengganti oli secara rutin karena oli untuk transmisi automatic merupakan komponen vital dalam sistem matic yang berfungsi tidak hanya untuk pelumas namun juga untuk penerus bagi daya gerak mesin.

Kenali kerusakan mobil matic.

Beberapa tanda kerusakan transmisi matic antara lain kopling slip yang berakibat tak seimbangnya antara putaran mesin dengan laju mobil, mesin yang meraung dengan laju yang tinggi namun berjalannya mobil tidak dengan laju yang seimbang, menghentaknya gigi persneling pada saat dipindahkan.

Rutin Memeriksa.

Dari dipstik / tongkat pengukur kita dapat melihat kondisi serta volume oli mobil yang letaknya di atas gearbox, ini dianjurkan untuk memeriksa transmisi matic secara rutin jika volume oli mulai berkurang atau oli berbau gosong, segera bawa ke bengkel mobil.

Mengendarai mobil bertransmisi otomatis di jalanan ibukota atau kota - kota besar yang tak pernah lepas dari jalanan macet, memang lebih menjajikan kenyamanan ketimbang mobil bertransmisi manual. Tapi di balik kenyamanan yang diperoleh, perangkat persnelingmatik membutuhkan perawatan melebihi transmisi manual, terutama dalam urusan dengan girbox. Berikut hal - hal yang harus anda ketahui :

1. Automatic Transmision Fluid
Di dalam gearbox matik, ada fluida yang namanya AutomatikTransmission Fluid (ATF), fungsinya tidak hanya melumasi. Prinsip hidrolis dalam girbox matik memerlukan mediator. Terutama untuk mengatur perpindahan gigi Dan merapatkan plat kopling. Jadi kalau viskositas kekentalannya turun, tekanan yang di hasilkan juga akan berkurang.
Proses Pembakaran. Karena tidak ada proses pembakaran di transmisi matik, turunnya viskositas fluida di sebabkan kontaminasi akibat masa pakai. Ini tidak bisa di hindari, Karena setiap friksi yang terjadi di plat kopling, pasti menghasilkan muatan/gram pengkotaminasi.

2. Slip Kopling
Gejala kerusakan transmisi matic biasanya di rasakan dari slip kopling. Indikasinya terjadi ketidak seimbangan putaran mesin dengan laju mobil. Mesin sudah meraung di putaran tinggi, tetapi mobil berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mobil.

3. Perpindahan Gigi
Perpindahan gigi persneling juga menyentak, tak halus seperti biasa. Ini bias di cek dengan memasukkan persneling dengan posisi D atau R, lalu rem di lepas. Dalam kondisi sehat, mobil langsung bergerak. Bila tidak patut di curigai ada masalah di transmisi matic.

Tips Tambahan Merawat Mobil Matic Agar Awet Dipakai

Jangan memasukkan tuas ke posisi P jika mobil belum benar - benar berhenti.
Jangan biarkan mobil terparkir dalam posisi D. Kadang ini di lakukan oleh pengemudi yang terbiasa dengan mobil manual. Kebiasaan seperti ini wajib di tinggalkan, kalau tidak ingin plat kopling anda cepat rusak. Cukup dengan memasukkan tuas ke posisi P, mobil terparkir dalam posisi aman.

Baca juga...!!!

1.cara merawat mobil injeksi

2. cara merawat mobil diesel

3. cara merawat ac mobil

4. cara membersihkan filter ac mobil

5. cara menghilangkan kusam pada kaca lampu mobil



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Merawat Mobil Matic Anda