Cara Merawat Mobil Diesel Dengan Cara Mudah

Cara merawat mobil dengan mesin diesel sebenarnya sama saja dengan merawat mobil pada umumnya, hanya saja meskipun perawatannya tergolong mudah, namun apabila tidak kerjakan maka sama saja bohong. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah mulai banyak masyarakat yang melirik mobil bermesin diesel. Penggunaan bahan bakar yang irit serta tenaga yang di hasilkan mobil diesel ini tidak perlu di ragukan, jika dulu mesin diesel hanya di gunakan oleh kendaraan besar seperti truk-truk, kini mesin diesel juga banyak di gunakan pada mobil keluarga, apalagi teknologi saat ini mampu meredam suara mesin diesel, sehingga mampu menghasilkan suara yang halus dari mesin diesel.

Nah, tentunya bagi pemirsa pecinta otomotif di manapun anda berada yang memang kebetulan saat ini memiliki mobil bermesin diesel, pastinya juga ingin  tahu bagaimana cara merawatnya bukan ? kalau begitu saat ini pemirsa berada pada tempat yang tepat, di mana saat ini kami akan mengajak pemirsa untuk mengetahui bagaimana cara merawat mobil diesel yang baik dan bisa di kerjakan oleh tiap individu.


mobil solar

Cara merawat mobil diesel


Beberapa alasan saat ini banyak yang menngunakan mobil bermesin diesel diantaranya adalah bila dipergunakan untuk jarak jauh, mesin diesel akan semakin bertenaga dan irit, karena mesin diesel cenderung semakin bagus digunakan ketika mesinnya panas, selain itu, mobil bermesin diesel juga lebih tahan saat menerjang banjir. Kelebihan dan karakter mesin diesel tentunya berbeda dengan mesin bensin. Karena bila terlalu panas, mesin bensin biasanya akan mogok karena ada semacam pengembunan di sistem karburasi sehingga dapat mengganggu pembakaran.

Agar mobil diesel pemirsa senantiasa awet, dan terjaga performanya, maka pemirsa dapat melakukan hal-hal sebagai berikut.

Panasi mesin terlebih dahulu sebelum di gunakan, pemanasan mesin ini di lakukan setidaknya 5 menit sebelum mobil di jalankan.

Pakai oli yang memang direkomendasikan untuk mesin diesel, seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali jenis oli yang beredar di pasaran, maka dari itu kita harus jeli dalam memilih oli, atau tanyakan pada penjual kalau kita mau beli oli diesel.

Tangki jangan sampai kehabisan solar agar tidak masuk angin. Bila hal itu terjadi maka pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Namun beberapa mobil baru bermesin diesel sudah dapat terhindar dari masalah ini, sehingga tidak bermasalah ketika tangki BBM kosong hingga lebih dari 1/3 kapasitasnya.

Ganti filter solar secara berkala, penggantian filter solar yang rutin akan meminimalisir kotoran masuk ke ruang mesin anda, sehingga dapat di pastikan umur mesin akan menjadi lebih lama.

Bersihkan filter udara, selain filter solar, anda juga harus memperhatikan kebersihan filter udara, karena apabila filter udara tersumbat, maka kinerja mesin akan kurang maksimal. Ganti fiter udara dengan yang baru jika kondisinya sudah parah. Baca cara membersihkan filter udara mobil

Jangan langsung mematikan mesin mobil ketika habis di gunakan, beri waktu jeda kurang lebih 5 menit agar komponen pada mesin diesel dapat menyesuaikan suhunya.

Jika harus mengganti part, pastikan mengganti part dengan yang asli, jangan yang abal-abal, karena jika mengganti part yang abal-abal di khawatirkan dapat mempengaruhi kinerja part yang lainnya.

Demikian tadi cara merawat mobil bermesin diesel, namun apabila anda masih ragu dengan kondisi mobil anda jangan ragu untuk membawanya ke bengkel resmi. Cukup di sini dulu dan terima kasih.



Dapatkan juga informasi menarik lainnya tentang...!!!

1. cara merawat aki mobil

2. cara merawat ac mobil

3. cara membersihkan filter ac mobil

4. tips mengendarai mobil di tanjakan

5. cara merawat cat mobil agar tetap kinclong


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Mobil Diesel Dengan Cara Mudah