Kenali Cara Merawat AC Mobil Anda

Cara merawat AC yang baik dan benar.AC (Air Conditioner) mobil merupakan alat penyejuk udara yang berfungsi mengatur suhu dalam mobil. Bayangkan saja saat cuaca panas dan terjadi macet, pasti nggak kebayang gerahnya kalau mobil tidak memiliki AC, atau AC tersebut rusak atau kurang maksimal kinerjanya.

Tidak hanya saat musim panas saja kinerja AC ini di perlukan, Bagi beberapa pengemudi juga menggunakan / menghidupkan AC pada saat hujan. Meskipun sudah dingin, akan tetapi hal ini di lakukan dengan maksud dan tujuan agar kaca depan tidak ada berembun yang dapat menghalangi pandangan sopir. Maka dapat di simpulkan kalau keberadaan AC ini sangat di butuhkan. Oleh sebab itu, kita harus dapat merawat AC dengan baik dan benar. Maka dari itu pengetahuan tentang perawatan AC perlu anda ketahui mulai dari sekarang.



cara merawat ac mobil


Faktor penghambat kinerja AC


Namun kadang kita sering menyepelekan hal-hal kecil yang dapat menghambat kinerja AC, tanpa kita sadari sedikit demi sedikit, lama kelamaan kinerja AC tersebut dapat terganggu bahkan tidak menutup kemungkinan akan rusak parah. Beberapa hal yang dapat menghambat kinerja AC tersebut di antaranya adalah:

Penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang digunakan pengharum yang asal tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga dapat mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.

Kotoran dan debu yang terdapat pada kabin.hal ini biasanya terjadi karena kita sering membuka jendela di saat cuaca panas / kering, sehingga debu-debu mudah masuk ke dalam mobil, dan juga kebiasaan menggunakan alas kaki yang kotor dan berdebnu nmasuk kedalam mobil, sehingga debu tersebut menempel pada evaporator dan menjadi penyebab penumpukan partikel kecil apa bila di biarkan terus menerus.

Asap rokok yang secara terus menerus, maka nikotin yang terdapat pada asap rokok akan mengendap pada evaporator dan dapat menyebabkan terjadinya lendir yang membuat aroma yang di hasilkan AC tersebut menjadi tidak sedap.

AC kurang dingin


Sebenarnya masalah seperti ini memang jarang terjadi pada mobil keluaran baru, akan tetapi pada mobil yang umurnya sudah menginjak usia lima tahun, mungkin masalah ini sudah mulai nampak. Sebenarnya untuk mengatasi hal ini cukup mudah, cukup datangi aja bengkel terdekat he..he...he... akan tetapi apabila kita pergi ke bengkel AC yang masih abal-abal, akan selalu diinformasikan bahwa freon habis dan tinggal diisi ulang saja. Padahal menurut beberapa sumber, freon tidak akan habis untuk waktu yang lama. Jika sampai freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan kita.

Untuk itu perlu diteliti lebih lanjut masalah atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon. Beberapa masalah penyebab AC mobil yang tidak dingin diantaranya adalah :

Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia, pemakaian part yang kurang baik atau tidak original.

Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil

Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC.

Cara merawat AC mobil


Kenyamanan dalam mengemudi harusnya di utamakan, salah satunya adalah keberadaan AC itu sendiri. Oleh sebab itu kita harus mengetahui bagaimana cara agar kinerja AC pada mobil kita tetap dalam kondisi prima. Maka dari itu ada yang perlu di perhatikan dalam merawat kinerja AC, di antaranya adalah:

Rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu, khususnya pada karpet bagian depan.
Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.
Jangan merokok dalam kondisi AC mobil menyala.
Jika menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam kondisi mati. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.
Bersihkan kondensor saat anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.
Jika parkir, sebisa mungkin pilih tempat yang sejuk dan terlindungi dari terik sinar matahari. Hal ini agar kabin tidak terlalu panas sehingga kerja AC tidak terlalu berat saat dinyalakan

Demikian tadi pemirsa beberapa tips agar AC mobil anda tetap awet dan senantiasa selalu memberikan kesejukan bagi penumpang, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya tentang..!!!

1. cara membersihkan ruang mesin mobil

2. cara merawat cat mobil agar tetap awet mengkilap

3. cara mencuci mobil

4. cara ganti oli mobil

5. cara melepas aki mobil




.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kenali Cara Merawat AC Mobil Anda