Ketahui Kelebihan dan Kelemahan Yamaha Vixion Advance

Yamaha Vixion Advance merupakan salah satu dari sekian banyak deretan motor sport yang di keluarkan oleh Yamaha. Dan juga Yamaha Vixion juga menempati angka penjualan paling laris di antara beberapa saudaranya tersebut.

Namun tentu saja pada sebuah produk tentu saja bagi beberapa pendapat orang masih saja kekurangannya. Jadi kali ini kita akan membahas kelebihan maupun kekurangan dari Yamaha Vixion Advance, sehingga saat kita hendak membeli paling tidak kita sudah mengetahuui sekilas tentang kelebihan maupun kelemahan tersebut. Yamaha Vixion adalah motor bergenre Nakedbike yang tergolong sukses untuk Yamaha, saat artikel ini dimuat varian terbaru Vixion adalah tipe New Vixion Advance yang memperbarui NVL (New Vixion Lightning) datang dengan beberapa revisi dan pembaruan.

Baiklah pemirsa, sekarang saatnya kita membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari Yamaha Vixion Advance tersebut. Pasti pemirsa tidak sabar kan untuk mengetahuinya.

Yamaha Vixion Advance

Kelebihan Yamaha Vixion Advance


Baiklah pemirsa, mari kita sama-sama bahas terlebih dahulu dari kelebihan yang di miliki oleh Yamaha Vixion Advance ini pemirsa. Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah:

Tampilan headligh yang lebih sporty dan agresif
Kalau pada generasi sebelumnya, bagian ini masih menjadi salah satu dari kekurangan Yamaha Vixion. Beberapa orang seringkali menjadikan headlamp Vixion sebagai bahan olokan. Beberapa tega menyebutnya mirip kepala sinchan. Olokan ini bukan tanpa alasan. Kenapa bisa disebut seperti itu? Kalau diperhatikan bentuk headlamp New Vixion terlihat tidak garang alias kurang mampu mengimbangi bagian body yang sporty dan agresif. Makanya muncul istilah kepala Sinchan. Beberapa pengguna Vixion memilih mengganti headlamp dengan model lain yang dinilai lebih gahar. Ada juga yang bermain dengan spotlet atau memasang aksesoris tambahan. Harapannya headlamp terlihat lebih menawan. Akhirnya setelah sekian lama, Yamaha mendengarkan suara-suara sumbang tersebut. Pada versi terbaru, tampilan headligh sudah lebih sporty dan elegant dengan sudut yang lebih meruncing tajam. Hilang sudah istilah kepala sinchan.

Mesin handal dengan rangka delta box
Salah satu poin unggulan yang sampai saat ini masih di pertahankan oleh Yamaha Vixion adalah rangka delta box yang sudah terbukti handal dan stabil. Sasis Delta Box sebelumnya banyak diaplikasikan pada motor balap karena terbukti ringan dan kokoh, stabil untuk bermanuver. Penggunaan teknologi Delta Box ini semakin sempurna dengan adanya suspensi monocross, big ream arm, ban tubeless dan low resistance, serta kaki-kaki yang kokoh. Dan yang tak boleh kita lupakan adalah, ternyata New Vixion Advance dibekali dengan konstruksi mesin baru yang berbeda dengan edisi terdahulu. Secara gampang dapat kita lihat pada kode mesin yang berubah. Kalau edisi terdahulu menggunakan kode 1PA, untuk versi terbaru menggunakan kode 2TP. Perubahan ini merupakan langkah positif yang diambil mengingat mesin 1PA ada beberapa keluhan. Coba pemirsa  berkunjung ke forum-forum atau grup yang membahas Yamaha Vixion, di sana ditemui beberapa keluhan seperti mesin ngebul dan oli berkurang. Jelas bukan berita bagus buat Yamaha. Kalau hal ini dibiarkan terus tanpa ada perbaikan, konsumen bisa males dan ujung-ujungnya lari ke kompetitor. Tentu ini tidak diharapkan. Perubahan konstruksi mesin ini semoga menjadikan New Vixion Advance lebih advance.

Baca: Cara merawat Yamaha Vixion

Undercowl sebagai piranti wajib
Kelebihan dari Yamaha Vixion Advance lainnya adalah adanya penggunaan undercoel atau pelindung mesin. Undercowl berguna untuk melindungi mesin dari benturan atau gesekan dan lain-lain. Tetapi sebenarnya ada fungsi lain dari undercowl di Vixion. Kalau kita jeli, kita bisa melihat bahwa pelindung mesin secara tampilan membuat mesin terlihat lebih padat dan berisi. Kalau tanpa pelindung mesin? Bagian mesin terekspose dengan sangat jelas. Terlihat kurang padat. Beberapa bikers menyebut terlihat kopong.

Real finder baru
Rear finder edisi sebelumnya terlihat agak memanjang, kurang proporsional dan kaku. Bagian ini menjadi salah satu yang kurang disukai beberapa biker. Sebagian orang dengan lantang menyebut  mirip pelepah pisang karena terlihat terlalu panjang dan kaku. Kata-kata yang bisa bikin panas pabrikan. Dan di New Vixion Advance, tidak ada lagi rear fender yang mirip pelepah pisang. Bentuknya sudah direvisi menjadi lebih pendek, padat berisi sehingga lebih manis dipandang.

Lolos EURO 3
Keunggulan Yamaha Vixion Advance lainnya adalah sudah standar Euro 3. Dengan demikian, Yamaha Vixion Advance akan lebih ramah lingkungan dan tentunya lebih irit. Untuk berstandart Euro 3, Yamaha melakukan desain ulang pada air duct serta knalpot. Airduct di pertebal. Hasilnya, pembakaran menjadi lebih sempurna karena udara yang ditarik ke ruang bakar makin bagus dan banyak. Airduct sendiri merupakan jalur filter udara ke ruang bakar. Sedangkan pada knalpot, ditambahkan catalytic converter.

Baca: Cara menghemat BBM

Harga jual kembali masih relatif tinggi
Vixion masih merajai penjualan sport 150cc, dapat banyak penghargaan juga. pasti banyak orang diluar sana yang pada mencari Motor Vixion bekas (second) jadi untuk pengguna Vixion Advance sekarang masih tinggi (Vixion versi sebelumnyapun begitu), jadi keunggulan lain diluar motor ini terletak pada harga purna jualnya sob.

Baca: Cara merawat aki kering


Kekurangan Yamaha Vixion Advance


Setelah kita tahu beberapa poin kelebihan dari Yamaha Vixion Advance, sekarang kita akan membahas tentang beberapa kekurangan yang di miliki oleh Yamaha Vixion Advance tersebut.

Lampu bohlam
Jaman Vixion (rilis Mei 2015) memang belum ngetren lampu LED, hanya beberapa produk saja yang sudah menggunakan Lampu Light Emiting Diode ini, jadi Vixion masih menggunakan lampu Bohlam, namun hal ini memang bisa diangap wajar. tetapi melihat kompetitor, All New CB150R Steetfire yang sudah menggunakan lampu LED, rasanya ini sekarang menjadi kekurangan Yamaha Vixion Advance. Mungkin kedepan Vixion akan mendapatkan update lagi lampu LED, namun kami juga masih belum tau.

Speedo meter
Nah, tidak jauh beda dengan kasus lampu Bohlam, Vixion ketinggalan soal Speedometer, dimana sekarang baru ngetren Speedometer Full Digital, sementara Vixion Advance masih menggunakan spedo Semi Digital (perpaduan Analog dan Digital) dengan Digital hanya di beberapa panel saja, termasuk tulisan "Hi Bro". Lagi-lagi ini mejadi kekurangan Vixion, dimana lagi-lagi kompetitor yang memang datang di era LED seperti halnya adik kandungnya, Yamaha Byson atau All New Honda CB150R.

Tranmisi 
Waduh, ini yang dari dulu tidak berubah dari Vixion dengan transimis 5-speed saja, ini memang tidak mempengaruhi kecepatan, namun dengan ini Yamaha Vixion Advance dirasa kurang sporty, jadi aura motGP 6-Speed jadi kurang, soal transmisi ini menurut beberapa orang akan ragu memilih motor ini meskipun tidak banyak.

Baca:



Demikian tadi pemirsa beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan dari Yamaha Vixion Advance, bagi beberapa orang berpendapat kalau kekurangan tersebut bukanlah masalah yang serius, akan tetapi itu semua tergantung dari pribadi masing-masing.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ketahui Kelebihan dan Kelemahan Yamaha Vixion Advance