Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio

Kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio saat ini memang banyak yang memperbincangkannya, hal ini tentu sudah menjadi hal yang biasa apabila ada seseorang yang hendak membeli sebuah mobil tentu saja ingin sekali mengetahui dari berbagai sisi, baik kelebihan yang di miliki maupun kekurangannya.

Saat ini mobil jenis MPV memang banyak di gemari di tanah air, itu sebabnya pabrikan Honda menghadirkan Honda Mobilio untuk turut serta meramaikan pangsa pasar motor MPV yang ada di Indonesia. Meskipun tergolong agak terlambat dalam meramaikan pasar mobil MPV, namun pamor yang di miliki Honda ternyata memang tidak perlu di ragukan, mobil ini langsung saja menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Namun bagi pemirsa yang masih awam dengan mobil, khususnya Honda Mobilio, kali ini kami akan memberikan anda beberapa poin penting tentang kelebihan maupun kekurangan yang di miliki oleh Honda Mobilio.


Honda Mobilio

Kelebihan Honda Mobilio


Performa mesin
Honda Mobilio memiliki mesin 1.500 cc L15Z1 yang bertenaga 118 Hp. Mesin ini merupakan mesin 1.500 cc terbaru dari Honda yang digunakan pada Honda City generasi 2014 dan akan digunakan juga pada Honda Jazz. Diatas kertas memang tenaganya lebih kecil 2 Hp dibandingkan dengan Honda Jazz, namun pengurangan 2 Hp ini adalah strategi management mesin Honda untuk memindahkan tenaga ke putaran bawah agar konsumsi bahan bakar lebih hemat. Selain itu mesin ini juga sudah menggunakan intake manifold dengan bahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan.

Bagasi
Bagasi mobil ini bisa dibilang yang paling luas di kelasnya, bahkan melebihi Kijang Innova sekalipun. Untuk memberikan kesan mewah, Honda juga menempatkan dongkrak dan toolkit secara tersembunyi seperti Kijang Innova tanpa harus mengurangi ruang bagasi. Sayangnya kita tidak bisa melipat jok mobil ini rata lantai.

Kabin yang lega
Meskipun secara eksterior Honda Mobilio memiliki tinggi yang paling rendah dibandingkan dengan kompetitornya, namun ternyata kabin Honda Mobilio paling lega dibandingkan dengan MPV sekelasnya. Kami sangat menyukai bagaimana Honda memaksimalkan desain kendaraan untuk memberikan kabin yang lega tanpa harus memberikan kesan besar pada bagian eksterior.

Desain eksterior
Desain eksterior Honda Mobilio merupakan yang paling seksi diantara kompetitornya, mulai dari bentuk depan hingga belakang, kita tidak akan terkesan seperti membawa sebuah mobil keluarga yang kebapak-an. Mungkin bisa dibilang modelnya lebih mirip sebuah estate atau station wagon yang sangat sporty. Sangat mudah mencari inspirasi modifikasi terhadap Honda Mobilio ini.

Pengendalian yang nyaman
Berbekal basis yang sama dengan Honda Brio, Honda Mobilio memiliki handling yang sangat baik, meskipun menggunakan EPS yang mengurangi feeling mengemudi, body roll dan feedback setir yang diberikan mobil ini masih lebih baik dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Rasanya kita seperti membawa sebuah hatchback dari segi pengendalian dan driving position. Namun tetap masih terasa understeer karena bagian belakang yang terlampau panjang.

Baca: Album modifikasi Honda Mobilio

Kekurangan Honda Mobilio


Setelah kita membahas tentang kelebihan yang di miliki oleh Honda Mobilio, sebagai bahan pertimbangan buat pemirsa apabila ingin membeli mobil yang satu ini, maka simak juga kekurangan yang di miliki oleh Honda Mobilio.
Kualitas pengerjaan
Jika dilihat secara teliti, sebenarnya mobil ini masih bisa ditingkatkan lagi untuk kualitas pengerjaanya, berawal dari sambungan body, doo trim, dashboard, bodi dan juga engine bay yang sayangnya asal asalan saja untuk memasangnya dan kurang presisi. Mungkin ada faktor lain yang menjadika pengerjaannya kurang maksimal, entah karena mobil ini ingin di produksi banyak atau memang kaulitasnya masih kurang.

Kekedapan dalam mobil

Sebenarnya untuk kualitas pengerjaan Honda Mobilio berpengaruh pada kekedapan kabin. Ketika posisi idle, suara mesin mobil ini memang sangat tenang dan tidak terasa. Namun jika anda melaju dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam, maka suara mesin, angin dan ban sangat mengganggu interior, rasanya sama seperti kekedapan suara Avanza generasi pertama. Dan suara luar pun juga cukup mengganggu, karena suara kita mengobrol diluar pun terdengar sampai ke dalam kabin, ini dikarenakan penggunaan plat bodi yang tipis dan karet peredam hanya 1 lapis saja.

Suspensi Honda Mobilio

Untuk masalah suspensi Honda Mobilio paling kaku di kelasnya, sehingga jika anda melewati jalan bergelombang atau polisi tidur harus dipastikan anda melewatinya dengan sangat perlahan, terutama pada suspensi belakang. Namun kekerasan suspensi ini terbayar dengan handling yang ditawarkan.

Baca juga:




Nah demikian tadi pemirsa beberapa poin tentang kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh Honda Mobilio. Namun bagi beberapa orang beberapa kekurangan tersebut bukanlah menjadi hal penting yang perlu di permasalahkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Honda Mobilio