Cara Memilih Ban Baru Untuk Mobil

Ban pada sebuah mobil memiliki peranan yang sangat vital, itu sebabnya sebelum kita mengganti ban hendaklah mengetahui spesifikasi dari ban tersebut. Ban adalah sisi terluar dari mobil yang berfunsi untuk menopang seluruh beban mobil dan penumpang, oleh sebab itu untuk urusan ban sebaiknya kita membeli ban dengan kualitas yang terbaik. Coba pemirsa bayangkan, apabila ban salah satu mobil kita tiba-tiba mengalami masalah, mau tidak mau kita harus menggantinya dengan ban serep. Tentu saja yang menjadi masalah di sini bukan Cuma rasa jengkel yang ada, akan tetapi ban yang bermasalah juga dapat mengancam keselamatan.

Di dalam penggunaannya, kita juga harus menggunakan sesuai dengan kemampuan ban, maksudnya adalah jangan sampai membawa beban berlebihan, karena dengan membawa muatan berlebihan akan memperpendek umur ban juga dapat mengakibatkan ban tersebut meletus. Oleh sebab itu perawatan ban juga penting di lakukan, misalnya di antara celah alur ban terdapat kerikil, maka harus segera di bersihkan.

cara memilih ban mobil baru


Cara memilih ban baru


Sebagai konsumen yang cerdik, kita harus mampu membaca simbol-simbol yang terdapat pada sisi ban. Karena simbol atau angka-angka tersebut adalah spesifikasi dari ban itu sendiri. Jadi kita bisa membeli ban sesuai kebutuhan.

Bagi pemirsa yang memang ingin mengganti ban mobil. Sedangkan masih bingung dengan spesifikasi ban, maka pemirsa dapat melihat penjelasan yang ada di bawah ini.

Tipe dan ukuran
Tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil kita pada umumnya tertera pada plakat yang ada di pintu atau laci, di belakang tutup tangki bahan bakar atau pada petunjuk penggunaan. Sebagai contoh ban dengan kode P195/55/R15 84V. Huruf 'P' adalah singkatan dari Passenger yang berarti bahwa ban tersebut didesain untuk mobil penumpang. Selain itu ada pula LT (Light Truck), ST (special trailer) serta T yang berarti Temporary atau ban serep. Huruf 'R' berarti bahwa ban
tersebut berjenis Radial. Untuk ukuran, kita harus memperhatikan dengan seksama karena jika memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, maka ban tidak akan dapat terpasang. Ukuran disimbolkan dengan angka di belakang huruf 'R’.

Lebar ban
Lebar ban adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk daya cengkram tanah. Pasalnya, tapak ban ini yang menjadi pijakan ke jalan. Semakin tinggi angka menunjukkan ukuran lebar tapak ban dan sebaliknya angka yang kecil berarti lebar tampak juga sempit. Misal: P195/55/R15 84V – 195 angka yang dicetak tebal adalah ukuran lebar ban dengan satuan milimiter.

Pola tapak
Selain lebar, pola tapak juga akan berpengaruh kepada daya cengkeram dan akselerasi. Alur normal pada umumnya memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik, akan tetapi jika kita tinggal di daerah basah yang memiliki curah hujan cukup tinggi, disarankan untuk memilih ban dengan alur V karena mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintasi genangan. Indikator Kecepatan Seperti kinerja mesin ban juga memiliki keterbatasan. Perhatikan huruf yang tercetak pada didinding ban. Walau pun, ini dimaksudkan bagi mobil ber-spesifikasi balap. Tapi jika, Anda melajukan mobil sampai kecepatan maksimum, pastikan ban dapat bertahan terhadap panas akibat rotasi ban yang berputar kencang.
contoh : P195/55/R15 84V – V disini adalah kecepatan rata yang mengindikasikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai dalam hal ini sampai dengan 240 kph.
Q – 160 kph
S – 180 kph
T – 190 kph
U – 200 kph
H – 210 kph
V – 240 kph
W – 270 kph
Y – 300 kph
(Y) – Above 300 kph

Profil ban
Ban dengan profil tipis seperti 40 atau 50 akan terlihat baik pada mobil Anda, tetapi rawan bila melawati kondisi jalan yang buruk. Karena dapat mengakibatkan velg cepat rusak lantaran ban tidak tebal. Profil ban yang lebih tebal yang biasa terdapat di mobil baru asal pabrikan diyakini lebih nyaman digunakan untuk harian. Velg juga dapat terhindari dari kerusakan.
Contoh: P195/55/R15 84V – 55 adalah rasio tinggi dinding samping ban dengan lebar cross-section (55 persen).

Demikian tadi pemirsa ulasan seputar ban luar mobil, sebelum kita membeli ban yang terpenting adalah perhatikan ukuran dan juga angka-angka yang tertera di dinding ban tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memilih Ban Baru Untuk Mobil